Capaian Pembelajaran Program Studi

Aspek Sikap

1. Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius dan mengamalkan nilai-nilai Al Islam dan Kemuhammadiyahan;

2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika;

3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban berdasarkan Pancasila;

4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;

5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;

6. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;

7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;

8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;

9. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;

10. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.

Aspek Pengetahuan

1. Menguasai teori/konsep manajemen dan kewirausahaan secara umum dengan penekanan bidang manajemen sumber daya manusia, kewirausahaan, keuangan, operasi dan produksi sesuai dengan peminatannya;

2. Mampu berperilaku sesuai etika dan karakter kepemimpinan sebagai warga global yang bertanggungjawab;

3. Menguasai pendekatan dan menyesuaikan berbagai paradigma terutama paradigma revolusi industri 4.0 dalam mengembangkan ilmu pengetahuan manajemen sehingga mampu mengevaluasi penggunaan paradigma tertentu dalam penelitian bidang manajemen;

4. Menguasai pendekatan inter atau multidisipliner dalam memecahkan permasalahan di bidang manajemen dan kewirausahaan;

5. Mampu berpikir inovatif (innovative thinking) dan berkarakter inspiratif saat bertindak dalam praktik manajemen dan bisnis;

6. Menguasai konsep dalam mengembangkan pengetahuan dalam bidang manajemen melalui riset untuk menghasilkan karya ilmiah yang inovatif dan teruji yang mencakup identifikasi, formulasi, dan analisis masalah bisnis;

7. Menguasai perkembangan teknologi digital dan sistem informasi digital dan mampu mengintegrasikan dan mensinergikannya dengan konsep manajemen dan kewirausahaan;

8. Mampu mengembangkan praktik profesionalisme di bidang manajemen dan kewirausahaan;

9. Mampu mengembangkan konsep atau teori baru dalam bidang manajemen yang terpublikasi melalui jurnal terakreditasi nasional maupun internasional;

10. Mampu merumuskan alternatif solusi untuk menyelesaikan masalah bisnis kompleks pada sistem bisnis yang terintegrasi dengan memperhatikan faktor-faktor ekonomi, kultural, sosial, dan lingkungan;

11. Menguasai landasan normatif dan landasan operasional Muhammadiyah yang telah diikuti melalui jenjang pengkaderan Muhammadiyah.

Keterampilan Umum

1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;

2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;

3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni;

4. Menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk Tesis atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;

5. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;

6. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya;

7. Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya;

8. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri;

9. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.

Scroll to Top